Dipermalukan Persipura Jayapura 2-0, Arema Turun Peringkat

0
143
Esteban Vizcarra berebut bola dengan lawan. (deny)
Esteban Vizcarra berebut bola dengan lawan. (deny)

MALANGVOICE – Arema Cronus tak mampu berbuat banyak usai dipermalukan Persipura Jayapura, 2-0, di lanjutan ISC A yang dihelat di Stadion Mandala, Papua, siang ini.

Semua gol tercipta di babak ke dua dari tandukan Osvaldo Ardiles Haay di menit 54 dan sepakan terarah Ricardo Silva pada menit 86.

Arema pada pertandingan itu memang sedikit tertekan tim tuan rumah sejak babak pertama. Raphael Maitimo dkk tak mampu menguasai jalannya laga karena belum menemukan ritme permainan.

Persipura justru tercatat lebih sering mengancam pertahanan Arema. Lewat kapten Mutiara Hitam, Ian Louis Kabes, hampir saja mencetak gol di menit 22, untung kiper Achmad Kurniawan, mampu memblok bola dengan lincah.

Di kubu tim tamu, Arema jarang mendapat peluang emas di babak pertama. Cristian Gonzales tak mampu melepaskan satu pun tembakan ke arah gawang Persipura, hingga skor 0-0 menghiasi papan skor di paruh pertama.

Memasuki babak ke dua, permainan lebih agresif. Kedua tim saling bermain terbuka. Arema lebih berani bermain di lapangan tengah dan mulai menemukan kepercayaan diri. Akan tetapi, dukungan suporter tuan rumah justru membuat Persipura makin beringas.

Hal itu terbukti di 15 menit babak ke dua, lewat umpan manis ke pojok gawang Achmad Kurniawan, bola pantulan gagal dibuang bek Arema. Osvaldo Ardiles Haay yang menyambut bola juga tak mampu dihalang Ryuji Utomo, skor berubah 1-0 bagi Persipura.

Lewat satu gol itu, tuan rumah makin beringas. Lewat umpan terarah dan solidnya penyerang Mutiara Hitam, semakin merepotkan barisan pertahanan Goran Ganchev.

Alhasil, enam menit berselang, Yohanes Pahabol, mampu merangsek ke dalam kotak penalti Singo Edan. Tanpa pengawalan ia melepaskan sepakan lewat kaki kiri, namun bola hanya mendarat di pangkuan Achmad Kurniawan.

Persipura sebenarnya bisa menambah gol di menit 66, seandainya gol Pahabol tak dianulir wasit karena hand ball. Skor masih 1-0.

Penampilan gemilang kiper Arema, Achmad Kurniawan, ternyata mampu meredam banjir bola serangan Persipura di menit 73. Ia berhasil menepis bola hasil sepakan Lukas Mandowen yang berdiri bebas tanpa pengawalan.

Beberapa menit berselang, Arema sebenarnya mempunyai peluang emas lewat penetrasi Raphael Maitimo, namun umpan silang ke jantung pertahanan Persipura mampu diblok bek lawan.

Persipura akhirnya menyudahi pertandingan siang itu dengan skor 2-0 usai pemain yang baru masuk, Ricardo Silva, mencetak gol di menit 86. Hasil kerja sama apik dimanfaatkan dengan baik lewat sepakan kaki kiri. Bola meluncur deras melewati kaki Johan Alfarizi dan tak mampu ditepis Achmad Kurniawan.

Dengan skor itu, Persipura berhak merebut posisi dua klasemen dengan raihan 46 poin. Sementara Arema harus puas turun satu peringkat.