Dinkes Siapkan Rumah Sakit Tipe D di Ngantang

0
70
Abdurrahman (fathul)

MALANGVOICE – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, Abdurrahman, mengatakan, pihaknya merencanakan Puskesmas Ngantang menjadi Rumah Sakit Umum tipe D, yang melayani kesehatan warga di Malang Barat.

Abdurrahman mengakui, warga yang ada di Kecamatan Pujon, Ngantang, dan Kasembon, merupakan wilayah yang jauh dari pusat Kabupaten Malang. Karena itu, keberadaan RSUD di Ngantang akan menjadi penolong.

“Pembangunan di Kabupaten Malang harus menyentuh warganya yang berada di wilayah terjauh sekalipun. Makanya, kesehatan sebagai pelayanan dasar yang dibutuhkan warga juga harus kita dekatkan. Salah satunya di Ngantang ini,” jelas Abdurrahman kepada MVoice.

Sebenarnya, Abdurrahman cukup bangga dengan seluruh puskesmas di Kabupaten Malang yang sudah melayani pasien rawat inap. Sehingga RSUD akan bersifat menjadi rujukan, karena Puskesmas sudah bisa diandalkan.

“Prosesnya masih lama, tapi sudah kita mulai. Tahun ini akan dilakukan kajian, yang meliputi lokasi yang layak, dan kajian pasien di sana apakah dibutuhkan rumah sakit. Kalau lokasinya yang pas memang di Puskesmas Ngantang,” imbuhnya.

Untuk menyiapkan RS tipe D ini, dibutuhkan beberapa kriteria. Misalnya gedung yang representatif, akses angkutan umum, pelayanan ruang bersalin, dan memiliki kemampuan pelayanan medik paling sedikit 2 spesialis dasar, dan pelayanan penunjang medik.

“Kalau spesialis harus ada dokter gigi dan dokter untuk pelayanan kesehatan ibu dan anak. Sementara penunjang mediknya, ada laboratorium dan radiologi. Kita akan siapkan semua, kalau sudah siap akan kita lounching,” tandasnya.