Dindik Batu Klaim Siswa Siap UNBK

0
56
Kadisdik Batu, Mistin.

MALANGVOICE – Dinas Pendidikan Kota Batu mengklaim empat sekolah yang mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) telah siap baik dari segi sarana dan prasarana maupun kemampuan siswa serta guru.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu, Mistin menjelaskan, tahun ini ada empat sekolah yang akan menjalani ujian akhir dengan sistem komputer, yaitu SMAN 1, SMKN 3, SMK Islam, dan SMPN 1. Keempatnya terpilih karena sudah memiliki perangkat komputer yang sudah memenuhi spesifikasi untuk ikut UNBK.

“Dari segi perangkat keras (hardware) sudah siap di masing-masing sekolah,” kata Mistin.

Ia menjelaskan, di UNBK, sistem ujian nantinya akan dibagi tiga shift. Ketersediaan komputer yang diwajibkan adalah kurang lebih setengah dari murid ditambah 10 persen sebagai cadangan.

“Ada yang komputer dari sekolah, kemudian kekurangannya ditambah dengan komputer kepemilikan dari siswa sendiri dengan status pinjam,” ucapnya kepada MVoice.

Ia melanjutkan, selain kesiapan perangkat, kesiapan murid juga menjadi perhatian. Dinas Pendidikan rencananya akan menggelar beberapa try out untuk memantabkan kemampuan siswa mengerjakan soal di UNBK.

“Kalau dari segi kemampuan mengoperasikan alat teknologi, saya kira anak-anak sudah sangat mampu karena perangkat digital juga sudah dimiliki hampir semua siswa,” pungkasnya.