Dinas PU Segera Ajukan DED Jembatan Dieng

0
66
Kepala Dinas PU, Jarot Eddy Sulistyono
Kepala Dinas PU, Jarot Eddy Sulistyono

MALANGVOICE – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Malang tidak tinggal diam melihat kondisi Jembatan Dieng yang kian memprihatinkan.

Kepala Dinas PU, Jarot Eddy Sulistyono, mengatakan, pihaknya segera mengajukan pembuatan Detil Enggineering Design (DED) pada Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) tahun ini, untuk menilai berapa kebutuhan pembangunan jembatan itu.

Ia juga menjelaskan, pembuatan DED sangat dibutuhkan, karena jika sewaktu-waktu masalah aset antara Pemkot Malang dan pengembang sudah tuntas, Dinas PU bisa langsung menganggarkannya untuk pembangunan, baik dengan menggunakan dana APBD maupun dana dari Provinsi Jawa Timur.

“Saat ini kamisedang siapkan DED untuk Jembatan Dieng,” kata Jarot kepada MVoice, beberapa menit lalu.

Hasil pantauan Dinas PU, diakui memang kondisi jembatan sudah masuk kategori berbahaya, karenanya, agar tidak memakan waktu lama untuk pembangunannya, DED sudah harus disiapkan terlebih dulu.

“DED ini untuk menilai berapa besaran anggaran yang dibutuhkan, tapi jika dilihat secara kasat mata pembangunan itu membutuhkan dana miliaran rupiah, karena memang sangat besar,” imbuhnya.

Dinas PU, sambung Jarot, juga sudah berkonsultasi dengan Pemerintah Provinsi perihal bantuan anggaran untuk pembangunan jembatan, sebagai antisipasi jika struktur APBD Kota Malang tidak mencukupi.