Dinas Pertanian Tepis Anggapan Konsumsi Daging Menurun

0
3
Kepala Dinas Pertanian Kota Malang, Hadi Santoso. (Muhammad Choirul)
Kepala Dinas Pertanian Kota Malang, Hadi Santoso. (Muhammad Choirul)

MALANGVOICE – Kepala Dinas Pertanian Kota Malang, Hadi Santoso, angkat bicara terkait anjloknya jumlah pemotongan hewan di Rumah Potong Hewan (RPH). Dia menepis anggapan, konsumsi daging menurun jadi pemicu anjloknya pemotongan di RTH itu.

Pria yang akrab disapa Soni itu menegaskan, tidak logis menyebut konsumsi daging menurun ketika populasi konsumen, dalam hal ini penduduk Kota Malang, bertambah. “Apalagi pendatang juga banyak, bisa dihitung satu perguruan tinggi saja berapa mahasiswanya,” ungkapnya.

Selain itu, saat ini belum banyak pilihan bahan pangan lain selain daging sapi dan kambing. Dia juga mengaku memiliki data peningkatan tingkat konsumsi daging, hanya saja dia tidak menyebut secara pasti.

“Kan pemeriksaan kesehatan hewan sebelum dipotong ada pada kami. Dari data itu bisa dilihat konsumsi daging meningkat,” paparnya.

Kendati begitu, dia mengaku bukan wilayahnya untuk ikut campur menganalisa penyebab utama anjloknya pemotongan hewan di RPH. “Wilayah Bidang Peternakan Dinas Pertanian yang jelas, salah satunya mendata hewan sebelum dipotong. Untuk naik-turunnya harga, itu juga tergantung mekanisme pasar,” pungkasnya.