Dilapori 6 Tempat Jual Jajanan Berbahaya, Dinas Agendakan Sidak Rutin

0
70
Penjual jajanan harus memperhatikan keamanan makanannya. (fathul)

MALANGVOICE – Pasca mendapat laporan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) terkait beberapa tempat di Batu yang menjual makanan mengandung zat berbahaya, Diskoperindag Kota Batu bakal menggelar inspeksi rutin.

Bahkan razia beberapa hari lalu juga didasarkan pada temuan BPOM ini. Kabid Perdagangan, Susilo Trimulyanto, mengatakan, dari sampel jajanan di 6 tempat yang diteliti, semuanya positif mengandung salah satu bahan berbahaya.

“Tempat yang dilaporkan itu ada di Kantin SD Mojorejo 2, Kantin SD Songgokerto 1, SD dan SMP Imanuel, dan dua lagi adalah depot di sekitar alun-alun. Karena itu kami kemarin sidak di lokasi lain,” papar Susilo kepada MVoice.

Beberapa jajanan yang dilaporkan itu antara lain Rambak Sapi, Krupuk Pasir, Krupuk Bawang, Krupuk Puli, dan lain-lain. Tindak lanjutnya, imbuh Susilo, adalah melakukan pengawasan secara rutin sehingga tidak ada lagi jajanan yang dapat berbahaya bagi tumbuh kembang pelajar.

“Gerakan besarnya sudah dicanangkan Wapres, menuju jajanan anak sekolah aman. Dan kemarin dalam sidak itu, beberapa kantin sekolah higienis, yang merupakan salah satu standar dalam gerakan itu,” tandasnya.