Di PON, ISSI Jatim Waspadai Pebalap Sepeda Tuan Rumah

0
77
ilustrasi balap sepeda nomor downhill.

MALANGVOICE – Sembilan pebalap sepeda Jawa Timur (Jatim) terus melaksanakan persiapan jelang PON 2016 di Jawa Barat (Jabar), September mendatang. Setelah TC di sirkuit Velodrome, Kota Malang, beberapa waktu lalu, sejumlah even juga diikuti untuk mengasah kemampuan mereka sekaligus memetakan kekuatan lawan.

Pelatih ISSI Jatim, Beny Styawan, mengatakan, lawan terberat Jatim di PON nanti datang dari pebalap sepeda tuan rumah, Jabar. Dikatakannya, kesempatan sebagai tuan rumah bakal dimanfaatkan tim Jabar untuk meruntuhkan dominasi para atlet Jatim.

Selain itu, tim Jabar juga memiliki Risa Suseanty yang sudah melalang-buana di berbagai kejuaraan. “Di nomor downhill, Risa Suseanty harus diperhatikan dan diwaspadai. Karena itu, kami harus berlatih disiplin agar bisa membendungnya,” tandas Beny.

Ia menambahkan, tim pelatih telah menyiapkan materi latihan khusus untuk sembilan atletnya, agar mampu memenuhi target lima medali emas yang dipatok KONI Jatim. Pematangan skill dan psikologis pemain, lanjutnya, menjadi porsi utama untuk dilahap dalam latihan.

“Selain itu, nanti sebelum pertandingan kami akan cek rute pertandingan. Kami perhatikan beberapa aspek seperti tanah becek atau kering, kondisi cuaca, juga perlengkapan untuk bertanding,” pungkas pelatih asal Kota Malang itu.