Di Forum ICCC, Wali Kota Makassar Temui Mahasiswa Sulawesi Selatan di Kota Malang

0
141

MALANGVOICE – Di pelataran hotel Harris & Residence Kota Malang, dengan tanpa basa basi, Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Danny Pamanto, mengajak Muhammad Nur Arifin, Ketua Umum IKAMI (Ikatan Kekeluargaan Mahasiswa/Pelajar Indonesia) Sulawesi Selatan Cabang Malang, berdiskusi tentang pentingnya peran mahasiswa di tanah rantau, untuk mendorong usaha kreatif di kota tempat ia melanjutkan studinya.

ICCC3

Dalam rilis yang dikirim Ikami Malang ke redaksi MVoice, dijelaskan, Wali Kota yang terkenal dengan slogan ‘Anak Lorongna Makassar’ ini juga menyarankan agar setiap mahasiswa Sulsel di Kota Malang, sebagai duta daerah, mampu memberikan citra positif kepada masyarakat Kota Malang.

ICCC

Wali Kota Danny Pomanto bersama Wakilnya, Syamsu Rizal, memang hadir di Kota Malang, menghadiri acara ICCC II (Indonesian Creative Cities Conference) yang digelar Badan Ekonomi Kreatif RI (BeKraf) dan Indonesia Creative Cities Network (ICCN) berkerjasama dengan Pemerintah Kota Malang, pada 30-31 Maret kemarin.

“Untuk memuwudkan kota kreatif dunia harus melibatkan berbagai unsur, salah satunya pemuda atau mahasiswa yang mempunyai semangat berkreasi tinggi,” papar Danny.

Materi disampaikan dengan tidak menggurui, tapi langsung menampilkan slideshow berita-berita yang memuat tentang keberhasilan Pemerintah Makassar mengubah wajah kota yang terkenal dengan tawuran dan kriminalitasnya, menjadi kota kreatif.

Di depan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar, Muhammad Nur Arifin pun berbagi cerita tentang kegiatan seni dan budaya tahunan mahasiswa Malang dalam rangka mendorong usaha-usaha kreatif mahasiswa asal Sulawesi Selatan, sekaligus melestarikan budaya Sulawesi Selatan di tanah rantau, yang telah dikenal masyarakat Malang dengan nama Budayata’.

Muhammad Nur Arifin juga bercerita, kegiatan Budayata’ tahun ini akan memasuki kali ke-5, dimulai pada 2011, berupa pagelaran seni dan budaya Sulawesi Selatan, seperti tari-tarian, seminar kebudayaan, pameran foto potensi wisata daerah, penjualan handcraft karya Ikami Sulsel Cabang Malang dan wisata kuliner khas Sulawesi Selatan.

“Saya pikir, dengan ini kami membantu membuktikan bahwa Makassar memang pantas menjadi tuan rumah ICCC III 2017 mendatang,” tukas Arifin penuh semangat.