Di Batu, Hanya 4 SMA Selenggarakan UN Berbasis Komputer

0
25
Mistin (fathul)

MALANGVOICE – Kota Batu bersiap melaksanakan Ujian Nasional, Senin (4/4) mendatang. Baik UN berbasis komputer maupun berbasis kertas sudah disiapkan Dinas Pendidikan, sehingga pelaksanaannya diharapkan berjalan lancar.

Kepala Dinas Pendidikan, Mistin, mengatakan, UN berbasis komputer atau computer based test (CBT) akan diikuti empat sekolah menengah atas, yakni SMAN 1, SMK 3, SMK Wiyata Husada, dan SMK Islam.

“Kami sudah cek ke setiap sekolah yang akan melakukan CBT, mulai kelengkapan komputer, jadwal shiftnya, hingga jaringannya, sudah selesai. Tinggal pelaksanaan saja,” jelas Mistin kepada MVoice.

Ditambahkan, soal-soal CBT semuanya langsung dari pusat dan sudah ada dalam sistem. Sehingga siswa tinggal persiapan belajar saja untuk mengerjakan tes di sistem. Mengenai mekanismenya bila komputer terbatas, tambah Mistin, akan diatur shift seperti di SMK 3 dan SMAN 1.

“Siswa yang akan mengikuti ujian berbasis komputer di SMAN 1 berjumlah 327 siswa, SMK Islam 160 siswa, SMKN 3 105 siswa, dan SMK Wiyata Husada 59 siswa,” tambah Mistin.

Sementara soal ujian bagi sekolah yang masih manual juga sudah tiba. Hingga saat ini, soal UN masih diletakkan di Polres Batu untuk dijaga keamanan dan kerahasiaannya. Pada saat pelaksanaan UN, Kepala Sekolah akan mengambil soal per mata pelajaran setiap hari pukul 06.00 WIB.