Di Batu, Banyak Pohon Merana Gara-gara Paku

0
3
Petugas saat menurunkan poster yang ditancapkan menggunakan paku (fathul)

MALANGVOICE – Sepanjang jalan di Kota Batu banyak pepohonan berdiri. Sayangnya, pepohonan yang bermanfaat untuk perindang jalan dan penyedia oksigen ini banyak dikotori oleh masyarakat setempat dengan menancapkan paku.

Bisa dilihat, hanpir tidak ada pohon yang terbebas dari lembaran poster, pamflet, maupun bentuk promosi lainnya yang ditancapkan dengan beberapa paku.

Atas dasar itu, petugas dari Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Kota Batu melakukan operasi pencabutan paku di sepanjang Jalan Ir Sukarno. Jalan utama yang menjadi Kawasan Tertib Lalu Lintas ini seharusnya menjadi kawasan yang bersih.

“Ini baru pertama kami lakukan di tahun 2016 karena banyak pohon-pohon yang tertancapi paku. Akan jadi agenda rutin nantinya,” kata Koordinator Lapangan dari KLH, Suwar SP, sembari membantu petugas yang lain mencabuti paku menggunakan palu dan tang.

Ia prihatin dengan banyaknya paku yang digunakan menempel berbagai macam alat promosi. “Kita mulai dari Jalan Ir Sukarno di Beji kemudian naik sampai pertigaan Dewi Sartika,” imbuhnya.