Dewi, Guru Biologi Berprestasi dan Kaya Inovasi

0
222
Dewi (anja)

MALANGVOICE -Terpilih sebagai Guru Berprestasi (Gupres) 2016 tingkat SMA se-Kota Malang merupakan kebanggaan luar biasa bagi Dewi Endahsari MPd, guru mata pelajaran Biologi di SMA Negeri 1 Malang.

Dewi, demikian ia akrab disapa, terpilih sebagai Gupres setelah melewati serangkaian proses seleksi sangat ketat, Fabruari lalu.

“Dari uji pertama, psikotes, kedua tes tulis pengetahuan dan wawasan kependidikan, wawancara, dan portofolio. Tapi portofolio itu dikirim paling pertama. Dari keempat nilai itu, diperoleh 6 finalis dari total 13 peserta, untuk mempresentasikan karya tulis atau best practice,” paparnya saat ditemui MVoice.

Ia menambahkan, presentasinya tentang penerapan media belajar Kartu Kwartet Biologi (Kwarbi) dipadu dengan strategi pembelajaran Think Pair Share (TPS) ciptaannya diapresiasi positif para juri Gupres.

“Waktu presentasi itu, kelebihan saya ada pada media yang saya bawa. Kalau presentasi soal strategi saja itu masih abstrak. Nah saya memadukan strategi dan media sehingga lebih konkret,” kata perempuan yang pernah menjuarai Olimpiade Sains Guru Kota Malang 2014 ini.

Diakuinya, karya tulis yang dibawanya sudah pernah masuk dalam jurnal Nasional setelah proceding di Universitas Negeri Malang. Alumni IKIP UM ini juga sering menjadi fasilitator dan narasumber khusus media dan inovasi pembelajaran.

“Makanya, bagaimana saya jadi fasilitator kalo saya sendiri tidak ada karya. Jadi untuk persiapan Gupres tingkat provinsi, saya setidaknya menyiapkan media untuk 30 bab,” kata perempuan yang menjabat sebagai ketua MGMP Biologi Kota Malang sejak 2008 ini.

Ia berpesan, sebagai seorang guru, perbanyaklah membuat media dan inovasi pembelajaran.

“Jangan gampang menyerah,” tuturnya.