Dewanti Ingin Sekolah Gratis, Rendra: Swasta Bisa Mati!

Rendra-Kresna dan Dewanti-Masrifah.

MALANGVOICE – Dua pasang calon Bupati dan Wakil Bupati Malang, Rendra Kresna-Sanusi dan Dewanti Rumpoko-Masrifah Hadi, terlibat perang visi misi cukup hangat, semalam.

Salah satunya terkait sekolah gratis. Dewanti dalam program Sanga Anyar dan Nawacita Desa-nya, melemparkan visi soal pendidikan gratis bagi siswa SD sampai SMP.

Dalam paparannya, Dewanti menyebut dua daerah di Malang Raya, seperti Kota Malang dan Kota Batu, sudah mengimplementasikan program itu.

“Hanya Kabupaten Malang yang belum ada sekolah gratis,” katanya.

Dijelaskan, sekolah gratis tidak mematikan sekolah swasta. Buktinya, di Kota Batu dan Kota Malang, sekolah non pemerintah masih eksis, meski ada program sekolah gratis.

“Enggak lah, gak ada namanya sekolah gratis itu mematikan sekolah swasta,” tandas Dewanti Rumpoko.

Menanggapi itu, Rendra Kresna tetap kukuh, bahwa jika ada program sekolah gratis, sekolah swasta akan mati.

“Yang dimaksud gratis itu apa? Ya proses belajar mengajarnya itu yang gratis, dan itu sudah program nasional, tapi kalau sekolah itu ingin tampil lebih baik, kenapa tidak? Karena dana Bosnas itu gak boleh dipakai ekstrakurikuler,” beber Rendra.

Ia bahkan menegaskan agar parameter sukses janganlah daerah, tapi nasional. “Jangan pakai parameter daerah, sangat beda antara Kabupaten Malang dan Kota Batu,” tandas Rendra.-