Dewanti Ditawari Turbin Maritim untuk Pasokan Listrik Kabupaten Malang

0
18
Dewanti dan Dubes Paraguay

MALANGVOICE – Meski baru menyandang ‘calon’ Bupati Malang, Dewanti Rumpoko sudah mendapat perhatian dari investor, baik dalam maupun luar negeri.

Salah satunya mantan Dubes Paraguay untuk Indonesia, Cesar. Ia menemui Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko dan Dewanti, menawarkan teknologi turbin maritim untuk memecahkan masalah kebutuhan tenaga listrik di Kabupaten Malang kepada Dewanti.

“Saya akan memberikan teknologi turbin maritim untuk Anda. Teknologi memanfaatkan gelombang pasang surut air laut ini sangat murah dan sudah dikembangkan di Paraguay,” jelas Cesar.

Dikatakan, Indonesia merupakan wilayah yang sangat cocok untuk pengembangan teknologi ini, karena garis pantainya panjang. Selain itu, teknologi ini cuma-cuma, bebas polusi, dan mendukung program green.

“Saya sengaja menawarkan tekonogi ini, karena selama tinggal di Indonesia, tagihan listrik yang harus dibayar amat mahal. Sementara di Paraguay telah 100 persen menggunakan energi terbarukan yang ramah lingkungann,” tuturnya.

Walaupun Paraguay tidak punya laut, tapi mereka punya 99 sungai yang dibuatkan dam khusus untuk membangkitkan energi yang dinamakan hydro electric. Power yang dihasilkan 14.000 mega watt.

Ditambahkan, ada 2 daerah yang akan segera di install tahun depan yaitu di laut Nias dan Papua. Dia akan menawarkan mesin buatan Canada. Walau dimensinya kecil, namun bisa menghasilkan 260 Kilowatt. Biaya yang dikeluarkan hanya 5 cent per kilowatt. Mesin tersebut bernama water rotor.

“Investasinya untuk 1 mega watt saya kalkulasi sebesar 1,1 juta dollar. Seterusnya tidak perlu biaya lagi untuk menjalankan mesin ini,” tegasnya.

Cezar sudah diminta menjadi pembicara di sejumlah jurusan teknik beberapa perguruan tinggi ternama di indonesia. Dia berjanji secepatnya teknologi itu dipasang di Kabupaten Malang.
“Saya akan berikan mesin ini ke ibu (dewanti) bila nanti terpilih,” janjinya.

Menanggapi itu, Dewanti Rumpoko langsung menyambut baik dan berterima kasih. “Kami semakin semangat berjuang memenangkan Pilkada 9 Desember mendatang. Dukungan dari berbagai pihak merupakan spirit dan jamu bagi saya, sehingga sampai 5 bulan berkampanye tetap sehat dan terus semangat,” tandas Dewanti.