Dewanti Bertekad Perbaiki Wisata Gunung Kawi

0
3
Dewanti Rumpoko saat blusukan ke Gunung Kawi.

MALANGVOICE – Calon Bupati Malang, Hj Dewanti Rumpoko, berjanji akan memperhatikan kawasan wisata Gunung Kawi, Kecamatan Wonosari. Ia tidak hanya membangun gedung kesenian, namun dilakukan secara menyeluruh.

Jika dipercaya masyarakat Kebupaten Malang menjadi bupati, ia akan memberikan insentif bagi pegiat seni budaya tradisional, serta mengembangkan pariwisata secara terintegrasi.

“Potensi wisata yang ada harus dikembangkan secara terintegrasi. Selain itu juga bisa diintegrasikan dengan pembangunan wisata di Kota Malang dan Batu,” terang Dewanti.

Dijelaskan, banyak investor yang ingin berinvestasi di bidang pariwisata di Kabupaten Malang. Wilayah Gunung Kawi dan Kepanjen, dikatakan, merupakan salah satu kawasan yang diminati seiring dengan berkembangnya Kepanjen sebagai pusat pemerintahan Kabupaten Malang.

Gunung Kawi, ia katakan, sangat tersohor di seluruh Nusantara, bahkan Asia. Namun, keberadaannya belum mampu menjadi pengungkit bagi pengembangan ekonomi dan pariwisata di Kabupaten Malang, khususnya bagi masyarakat Kecamatan Wonosari.

Kepala Dusun Patuksari, Desa Kebobang, Kecamatan Wonosari, Budiono mengatakan, Pemkab Malang perlu melengkapi wisata Pesarean Gunung Kawi dengan wisata hiburan dan budaya. Sehingga masa tinggal wisatawan yang berkunjung bisa diperlama.

“Selama ini hanya sebagian kecil saja yang bermalam di sejumlah penginapan di sekitar pesarean. Itu pun hanya berlangsung semalam, sisanya cenderung bermalam di Kota Malang dan Batu,” kata Budiono.

Ditambahkan, pengembangan wisata hiburan dan budaya tersebut bisa dibangun di desa-desa di wilayah Wonosari, Ngajum dan Kepanjen.

Misalnya, dengan membangun gedung pertunjukan untuk kesenian tradisional, permainan modern maupun wisata alam.

“Pemerintah perlu mengangkat potensi wilayah yang ada, tentu perlu pendampingan dan dukungan pemerintah,” tegasnya.-