Dewan Setuju BPBD Batu Dapat Dana Tambahan Rp 1 Miliar

0
10
Ilustrasi bencana yang terjadi di Kota Batu sehingga butuh dana besar (fathul)

MALANGVOICE – Kebutuhan dana sebesar Rp 1 miliar lebih untuk penanggulangan bencana di Kota Batu mendapat respon positif dari dewan. Karena kebutuhan itu dinilai realistis sebagaimana kondisi Batu.

Ketua DPRD Cahyo Eddy Purnomo, mengatakan, pihaknya telah menerima surat dari Pemkot Batu terkait rencana penggunaan dana tambahan guna penanggulangan bencana sebesar Rp 1 miliar itu.

“Pada prinsipnya kami setuju karena dana itu memang penting. Bahkan menurut saya, dana sebesar itu kurang untuk memperbaiki kerusakan akibat bencana alam selama ini,” ujar Cahyo kepada MVoice.

Dugaan kurangnya dana itu ia dasarkan pada hasil beberapa kali kunjungan. Menurutnya, ada 20 titik kerusakan yang diakibatkan bencana alam, mulai jalan rusak, jembatan rusak, drainase, hingga plengsengan longsor.

Dari laporan masyarakat juga, ada tiga jembatan yang rusak berat dan butuh penanganan serius. Sayangnya ia lupa jembatan mana yang rusak itu. Politisi PDIP ini juga menyebut, salah satu SDN di Giripurno dalam posisi menggantung karena plengsengannya ambrol.

“Kalau memang Rp 1 miliat itu kurang, nanti bisa ditambahi saat pelaksanaan PAK (perubahan anggaran keuangan, red) sehingga proses penanggulangan bencana tidak terhenti gara-gara uang,” tandasnya.