Desa Giripurno Batu Dicanangkan Sebagai Kampung KB

0
109
Suasana pencanangan Kampung KB dengan pemukulan gong oleh Punjul Santoso.(fathul)

MALANGVOICE – Pemkot Batu mencanangkan Dusun Sawahan, Desa Giripurno, Kecamatan Bumiaji menjadi Kampung Keluarga Berencana (KB) dengan harapan masa depan keluarga di sana lebih berkualitas dan sejahtera.

Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko, dalam sambutan yang disampaikan Wakil Wali Kota, Punjul Santoso, mengatakan, kampung KB didesain sebagai upaya pemberdayaan masyarakat terhadap pengelolaan KB.

“Pemerintah hanya menstimulasi dan melakukan pendampingan. Selebihnya menjadi tanggung jawan masyaraka. Namun semua instansi perlu berperan agar masyarakat dapat sejahtera,” ungkap wali kota.

Ditambahkan, Kampung KB berupaya memberdayakan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk memperoleh pelayanan total program KB sebagai upaya mewujudkan keluarga yang berkualitas itu.

“Kita akan bersama-sama mewujudkan layanan KB dan pembinaan, memperkuat pelayanan dalam informasi kependudukan, serta memfasilitasi kelompok-kelompok kegiatan seperti keluarga balita, bina keluarga remaja, hingga lansia,” tandas Punjul.

Kepala Perwakilan BKKBN Jatim, Dwi Listyowardhani, dalam sambutannya, berjanji akan memberikan fasilitas kepada warga yang dicanangkan sebagai kampung KB. Sehingga ia tak berharap bila kegiatan ini hanya berhenti di sini.

“Jangan hanya seremonial ya, karena kami akan support dengan pelatihan dan panduan-panduan dalam pelaksanaan Kampung KB,” jelas Dwi.