Dengan Bersyukur, Jantung Jadi Sehat…

0
48
Mari bersyukur. (mymorningmeditation.com)

MALANGVOICE – Bersyukur dan berterimakasih kepada Sang Pencipta bisa menurunkan inflamasi pada pasien gagal jantung. Kok bisa?

Dikutip dari situs Reuters (8/11), Paul Mills, dari bagian kesehatan masyarakat dan psikiatri University of California, San Diego, mencoba menghubungkan antara perasaan bersyukur dengan jantung yang biasa diekspresikan dalam pernyataan ‘a grateful heart’.

Menurut Mills, yang terafiliasi dengan Chopra Center for Wellbeing, Carlsbad, California, mereka ingin meneliti perasaan bersyukur tersebut pada populasi yang pernah mengalami masalah dengan kesehatan jantung.

Pada hasil penelitian dijumpai bahwa pasien yang lebih bersyukur bisa tidur lebih nyenyak, tidak stress, tidak lelah, dan indikator peradangan yang lebih rendah.

Nina Kupper, profesor psikolog dari Tillburg University, Belanda, mengatakan bahwa emosi positif secara umum dihubungkan dengan kesehatan yang lebih baik. Dan karenanya, “Perasaan bersyukur sebagai sebuah konsep, bisa menjadi pembuka ke emosi positif lebih dari yang dilakukan spiritualitas.”

Terkait dengan penekanan akan pentingnya emosi positif terhadap proses pemulihan, perasaan tersebut sangat penting dalam menjaga keseimbangan antara beban penyakit dan kapasitas seseorang saat berurusan dengan penyakitnya.

sumber: Reuters.com