Demi Jalan Tol, Ratusan PKL di Jalan Ki Ageng Gribig Bakal Digusur

0
90
Kepala Dinas PU, Djarot Edy Sulistyono

MALANGVOICE – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Malang meminta Pedagang Kaki Lima (PKL) di sepanjang Jalan Ki Ageng Gribig segera angkat kaki. Pasalnya, proyek pelebaran jalan untuk akses tol Malang-Pandaan di kawasan itu mulai dikerjakan Mei mendatang.

“Maksimal April kawasan itu harus bersih dari PKL, agar kami bisa menjalankan proyek,” kata Kepala Dinas PU, Djarot Edy Sulistyo.

Dinas PU mendapat anggaran dari Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 50 miliar untuk pengerjaan proyek itu dan harus dikerjakan tahun ini. “Jalan yang dilebarkan panjangnya 1,4 kilometer,” tukasnya.

Dinas PU mengaku sudah berkoordinasi dengan Dinas Pasar perihal sosialisasi kepada para PKL. “Ini masalah urgen karena menyangkut akses jalan tol,” timpalnya.

Dikatakan pula, Pemkot Malang tidak menyiapkan lahan ganti setelah PKL digusur dari Jalan Ki Ageng Gribig. “Ada perjanjian tertulis antara PKL dan Pemkot, jika jalan ini dibutuhkan pemerintah, maka mereka harus menyerahkannya dan itu sudah disepakati mereka,” pungkasnya.