Dekati Hari H Liburan, Harga Tiket Pesawat Makin Mahal

0
17
(Ft/Skyscrapercity)

MALANGVOICE – Jumlah seat transportasi udara di periode liburan akhir tahun membuat harga tiket pesawat semakin mahal. Di Garuda Indonesia misalnya, hingga saat ini load factor sudah mencapai angka 80 persen atau naik 10 persen dari minggu lalu.

Makin sedikitnya jumlah seat membuat harga yang dibuka juga semakin tinggi. Saat ini harga tiket ekonomi paling rendah dikisaran Rp 1,2 juta sedangkan tertinggi di angka Rp 1,8 juta, sedangkan di kelas bisnis, harga tertinggi mencapai Rp 3,1 juta. dan Rp 3,1 juta.

“Untuk saat ini, load factor terus naik. Di periode 18 sampai 27 Desember rata-rata di angka 90 persen per hari dari Jakarta ke Malang, rute sebaliknya jumlah isian penumpang tak berbeda jauh,” kata Sales Manager Garuda Indonesia Branch Office Malang, Syamsudin.

Ia mengatakan, khusus untuk tiket seharga Rp 1,8 juta tetap dibuka sejak awal. Pasalnya, tiket harga tertinggi itu masuk dalam kategori tiket fleksibel dimana pemilik tiket bisa melakukan perubahan jadwal penerbangan baik hari maupun jam tanpa terkena pinalti.

“Jumlah pembeli untuk tiket fleksibel ini relatif banyak. Sebagai contoh, pada 24 Desember, pemegang tiket fleksibel ada 25 persen dari total seat yang kita sediakan,” imbuhnya.