Degan Mampu Atasi Keracunan, ini Alasannya

0
185
Air Kelapa Muda bisa atasi keracunan (anja)

MALANGVOICE – Air kelapa muda atau degan sudah terkenal bisa mengobati atau menetralisasi racun yang ada dalam tubuh. Kandungan apa sebenarnya yang ada di dalam degan sehingga berfungsi dahsyat?

Menurut dosen Biologi Universitas Muhammadiyah Surabaya, Drs Anjisman MPd, air kelapa mengandung kloramfenikol, zat antibiotik yang bisa menekan produksi sel darah merah dalam tubuh sehingga mampu meringankan gejala keracunan.

“Air kelapa muda memang dipercaya dapat menetralisir racun. Tapi keracunan yang sifatnya ringan seperti keracunan makanan karena kedaluwarsa. Keracunan zat kimia seperti pembasmi serangga cair, sianida, tidak bisa,” paparnya kepada MVoice.

Selain alasan tersebut, air kelapa juga tinggi kandungan mineral dan elektrolit yang membuat air kelapa bersifat isotonis sehingga cocok untuk menghidrasi tubuh dan menggantikan elektrolit tubuh yang hilang.

Adanya vitamin C dalam air kelapa juga baik untuk peningkatan sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu tak salah jika minum air kelapa muda mampu menyembuhkan gejala keracunan dan mempercepat proses pemulihan tubuh setelah keracunan.

“Minumlah air kelapa yang asli karena lebih segar dan sehat. Sebaiknya tanpa gula,” tambahnya.