Debut, Dya Libas Peraih Enam Emas PON

0
452
Lifter Kota Malang peraih emas bagi Jatim, Acchedya Jagaddhita. (Muhammad Choirul)

MALANGVOICE – Lifter muda Kota Malang, Acchedya Jagaddhita, memulai debutnya di PON XIX/2016 Jawa Barat (Jabar) bersama kontingen Jawa Timur (Jatim) dengan hasil positif. Dya, sapaan akrabnya, langsung menyabet satu emas di kelas 58 kg perorangan putri.

Yang istimewa, gadis berusia 19 tahun ini mampu mengalahkan lifter kawakan, Fatmawati. Peraih enam emas dari tujuh kali keikutsertaan di PON itu harus rela hanya mendapat medali perak pada ajang kali ini.

Wartawan MVoice, Muhammad Choirul, yang bertugas langsung meliput helatan PON di Jabar, berhasil mewawancarai Dya.

Berikut hasil wawancara dengan Acchedya Jagaddhita:

Ini kan PON pertama yang kamu ikuti, sempat gerogi nggak sih?
Acchedya Jagaddhita: Gerogi ya pasti, Mas. Kan masih baru pertama ikut PON, dan lawannya rata-rata sudah lagganan bermain di PON.

Cara mengatasi gerogi, apa yang kamu lakukan?
Acchedya Jagaddhita: Banyak-banyak berdoa dan berdzikir saja, ini sangat penting untuk mental dan kepercayaan diri saya.

Awalnya sempat nyangka bisa dapat emas?
Acchedya Jagaddhita: Enggak nyangka sama sekali, apalagi ada lifter senior yang sudah pernah tujuh kali ikut PON, dan dapat enam medali emas. Tapi pelatih membuat saya tenang, meminta saya melakukan yang terbaik, dan terus total dalam setiap latihan.

Nah, soal latihan nih. Selain ini PON pertama kamu, lawan yang dihadapi kan kebanyakan sudah berpengalaman, sejauh apa sih kamu mempersiapkan diri selama ini?
Acchedya Jagaddhita: Persiapannya dua kali lebih keras dari sebelumnya. Saya juga teratur menjaga kondisi agar nggak sakit, karena kan beban latihan juga ditambah, lebih diberatkan porsinya.

Dari penampilan di PON ini, sempat ada kesulitan nggak yang mengganggu konsentrasimu?
Acchedya Jagaddhita: Nggak ada kesulitan yang terlalu serius sih mas, cuma khawatir aja, itu tadi, karena lawannya sudah 6 kali dapat emas PON. Tapi Alhamdulillah ini rezeki buat saya, rasanya senang sekali dan harus banyak bersyukur.

Terakhir nih, motivasi apa yang bikin kamu tetap semangat latihan meskipun tahu lawannya amat berat?
Acchedya Jagaddhita: Yang paling membuat saya bersemangat adalah motivasi orang tua. Ayah dan ibu saya selalu mendukung dan merestui karier saya sebagai lifter, jadi saya selalu termotivasi untuk menang.

Biodata Atlet
Nama : Acchedya Jagaddhita
Tempat/tanggal lahir : Jambi, 12 Mei 1997
Orang tua : Junaidi dan Supeni
Alamat rumah : Jalan Teluk Cendrawasih RT 007 RW 003, Kelurahan Arjosari, Kecamatan Blimbing, Kota Malang
Hobi : Bersepeda
Prestasi :
Tiga emas Porprov Jatim 2011di Tulungagung
– Perunggu Popnas 2011 di Riau
– Emas Popnas 2013 di Jakarta
– Ranking ke-4 Youth Olympic 2014
– Emas PON 2016 di Jabar