Debit Turun, Sumber Air Panas Songgoriti Dikuras

0
49
Warga bersama juru kunci Candi Songgoriti saat membersihkan sumber air panas (fathul)

MALANGVOICE – Sumber air panas Songgoriti yang menjadi primadona wisatawan, menjadi semakin panas akhir-akhir ini. Bahkan debitnya menurun jauh dari biasanya.

Karena itu, juru kunci Candi Songgoriti melakukan pembersihan sumber dibantu delapan warga lainnya. Mereka membersihkan kotoran-kotoran di dalam sumber, termasuk bebatuan yang menyumbat air panas.

“Saat kita membersihkan itu sempat kaget karena di dalamnya ternyata ada handphone dan kacamata. Nggak tau dari mana asalnya, tapi di dalamnya kotor sekali,” ungkap Juru Kunci, Haryoto, usai pembersihan.

Malam sebelum pembersihan, Haryoto telah melakukan ritual guna meminta izin melakukan aktivitas itu. Karena bagaimanapun, hubungan dengan penghuni candi yang berada di sana sejak zaman dulu harus dijaga.

“Ya kita kan nggak hidup sendirian, jadi tetap harus melakukan komunikasi dulu dengan penunggunya,” jelas Yoto, panggilan akrabnya.

Pengurasan itu sendiri dilakukan warga bersama-sama dengan menggunakan satu unit pompa. Sudah beberapa waktu ini pompa milik candi rusak sehingga ia meminjamnya dari warga sekitar.

Setelah dikuras dan dibersihkan, kata Yoto, debit air panas langsung bertambah. Awalnya debit hanya 4 meter perdetik, sekarang menjadi 6 meter perdetik. Sehingga Yoto akan mengagendakan pengurasan jika terjadi penurunan lagi.

“Ini pertama kalinya kita menguras, untung debitnya bisa bertambah seperti harapan. Semoga wisatawan bisa merasakan manfaatnya,” tandas Yoto.