Datangkan Wisatawan Asing, Pemkot Batu Harus Gandeng Kementerian

0
73
Ridwan Hisjam (fathul)

MALANGVOICE – Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Ridwan Hisjam, memaparkan, Indonesia pada 2019 akan menjadikan sektor wisata sebagai pemasukan utama dalam negeri. Sehingga partner wisata juga dibutuhkan pemerintah, khususnya di daerah-daerah.

“Kota Batu saya rasa sudah on the track, jalur wisata yang dijadikan pilihan oleh Pemkot juga patut diapresiasi karena ke depan wisata ini diharapkan menyumbang devisa terbesar,” ungkap Ridwan kepada MVoice.

Hingga saat ini, lanjutnya, pemasukan devisa negara terbesar masih dipegang minyak dan gas bumi. Lalu urutan kedua adalah pendapat dari batu bara dan mineral, ketiga hasil perkebunan, dan terakhir barulah wisata. Sehingga wisata di Indonesia perlu digenjot agar menduduki peringkat pertama.

“Tahun 2015 kemarin target wisatawan kita mencapai 10 juta orang dari dunia internasional, dan tahun ini meningkat menjadi 12 juta. Anggaran juga ditambah, awalnya Rp 2,2 triliun, menjadi Rp 5,4 triliun,” lanjut politisi Golkar ini.

Karena itu, ia menyarankan agar Pemkot memanfaatkan kesempatan ini dengan berkoordinasi dengan Kementrian Pariwisata. Karena anggaran sudah disediakan sehingga akan membantu daerah untuk mempromosikan wisata di tempatnya tanpa mengeluarkan dana besar.

“Pengembangan wisata juga harus dikejar, destinasi harus ditambah. Karena di sini kondisi alamnya gak memungkinkan buat wisata, tidak apa-apa pakai wisata buatan. Karena Disney Land itu buatan, tapi tetap mengundang banyak orang,” tandas pemilik RH Center ini.