Dandung, Karya Lukisnya Banyak Dibeli Kolektor Ibukota

1
53
Dandung Prasetyo di studio bersama karya terbarunya yang masih dalam proses. (anja)

MALANGVOICE – Siapapun yang mampir di Semeru Art Gallery di Jalan Semeru 14, Kota Malang, pasti bakal mendapat sambutan hangat dari Dandung Prasetyo.

Pendiri sekaligus pembina Semeru Art Gallery asli kelahiran Malang pada 1963 ini, sejak anak-anak memang sudah gemar menggambar. Kegemaran itu ia tuntaskan dengan menempuh pendidikan tinggi di Institut Kesenian Jakarta (IKJ).

Sejak itu Dandung menelurkan banyak karya seni lukis dalam berbagai media, seperti cat air, pensil warna, pensil hitam putih, dan cat minyak.

Seiring waktu, Dandung mulai menemukan kecintaan dan gaya melukis tersendiri. Karya terbaik Dandung kebanyakan lukisan aliran hyper-realistic dan surealis. Tema-tema lukisannya lebih ke ‘human interest’, yang menggambarkan manusia dengan segala aspek hidupnya.

Ditemui di studionya di lantai 1 Semeru Art Gallery, Dandung tengah melukis karya terbaru yang merepresentasikan orang tengah berbelanja di pasar. Benar-benar realis.

Ihwal kukisan-lukisannya selama ini, menurut dia, banyak dibeli kolektor asal Jakarta. Ada juga beberapa pembeli dari luar negeri. Rencananya Dandung akan mengadakan pameran bertajuk ‘Mataku adalah Lensaku’.

Sebagai seniman, Dandung berharap karya seniman Kota Malang juga bisa dikenal. “Saya yakin suatu saat seniman Kota Malang akan semakin dikenal, sama halnya dengan seniman di kota-kota lain, seperti Yogya, Bandung, dan Jakarta,” pungkas Dandung.-