Dana Pengamanan Pilkada Rp 1,7 Miliar Cair Usai PAK

0
43
Pasukan Polres Batu saat apel untuk kesiapsiagaan (fathul)

MALANGVOICE – Pemkot Batu sudah membahas anggaran dana pengamanan Pilkada yang yang dibutuhkan Polres dan Kodim 808 Malang/Batu. Menurut rencananya, dana itu akan diakomodir saat Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) pertengahan tahun ini.

Penanggung jawab dana pengamanan diserahkan kepada Satpol PP, yang di dalamnya ada Linmas. Karena SKPD ini saja yang pengamanannya nanti bisa memasuki TPS, sementara anggota Polri dan TNI hanya di luar.

“Mempertimbangkan usulan dari Polres dan Kodim kemarin, kita sudah merencanakan untuk menganggarkannya di PAK,” jelas Kepala Satpol PP, Robiq Yunianto, kepada MVoice, melalui selulernya, beberapa menit lalu.

Anggaran yang diajukan Polres sebesar Rp 2,8 miliar, sementara Kodim mengajukan anggaran sebesar Rp 950 juta. Keduanya diajukan ke Pemkot, dan 100 persen cair tahun ini, namun khusus Pemkot, anggaran akan displit menjadi dua tahap.

“Anggaran Polres kan sampai pelaksanaan Pilkada 2017, sementara anggaran harus ditutup dulu tahun 2016. Jadi dalam PAK, anggaran pengamanan Polres akan diajukan Rp 1,7 miliar dulu, sisanya di APBD 2017,” tambah Robiq.

Seluruh dana itu, lanjut Robiq, akan digunakan Polres guna mengamankan situasi Pilkada sejak tahapan pertama, sampai pelantikan berakhir.