Dahlan : Bangkrutlah Selagi Muda, Lalu Bangkit Lagi…

0
85
Dahlan Iskan (fathul)

MALANGVOICE – Enterpreneur terkemuka Indonesia, Dahlan Iskan, mengajarkan agar wirausaha dimulai sejak muda. Karena saat bangkrut, pemuda masih bisa bangkit berkali-kali.

“Jangan nunggu nanti, jangan nunggu modal. Saat ini banyak usaha dimulai tanpa modal. Karena saat tua baru mulai, ketika bangkrut ia tidak kuat lagi karena perjuangan sudah selesai,” kata Dahlan dihadapan ribuan mahasiswa.

Prinsip enterpreneur yang dipegang oleh Mantan Direktur PLN ini, adalah “jalan pasti ada”. Bila tidak dimulai sebuah usaha, maka jalan tidak akan pernah ada.

“Jalan itu pasti ada, sunnatullah istilahnya. Tapi jalan itu harus ditemukan. Nah kalau mahasiswa tidak berwirausaha mulai sekarang, kapan akan menemukan jalan kesuksesan?” Papar Dahlan.

Ditambahkan, langkah-langkah harus diteruskan dalam berbisnis. Bila langkah pertama hingga langkah kelima gagal, harus tetap yakin pilihan lain akan ada.

“Paling sederhana adalah jual saja barang-barang yang dibutuhkan di sekeliling kita. Kedua jual saja barang yang anda hobi, anda suka memilikinya. Sehingga anda tahu cara mendapatkannya, dan anda bisa menjualnya,” sambung Dahlan.