Curah Hujan, Kendala Pembangunan Drainase

0
114
Pembangunan drainase di Jalan Sultan Agung. (fathul)

MALANGVOICE – Musim hujan menjadi penghalang utama penyelesaian pembangunan plengsengan dan drainase di dua sisi Jalan Patimura dan Jalan Sultan Agung, Kota Batu.

Kepala Bidang Bina Marga, Susilo Trymulyanto, mengakui, hujan merupakan kendala non teknis dalam pembangunan. Mau bagaimana pun, kendala hujan tak bisa dihindari.

“Ya memang menghambat karena air juga mengaliri drainasenya. Namun, pekerja kita kan standby, bekerja terus. Lagi pula hujan di Kota Batu sebentar-sebentar, tidak sampai seharian,” kata Susilo Trymulyanto.

Akibat curah hujan, juga berakibat mengganggu pengguna jalan. Seperti di Jalan Patimura, banyak pasir tumpah ke pinggir jalan karena luapan air hujan.

Pembangunan drainase di Jalan Patimura, kata Susilo Trymulyanto, merupakan konsep 2015. Apabila drainase besar, air yang mengalir di bawahnya akan lancar sehingga tidak meluap ke jalan raya.

“Kalau konsep 2016 kan sudah dibuatkan tangkapan air setiap 5 meter, dan bak kontrol tiap 10 meter. Kalau tidak ada tangkapan airnya, drainase diperbesar,” jelasnya.