Coblosan, Bank Tutup Total, Mall Buka Siang

0
112
Besok, Matos akan tetap beoperasi. Hanya saja jam buka diundur menjadi jam 12.00 WIB (Shuvia Rahma)

MALANGVOICE – Pilkada serentak yang akan diselenggarakan besok (9/12) akan digelar di Kabupaten Malang. Pemerintah mencanangkan 9 Desember sebagai hari libur nasional. Kebijakan ini ditindaklanjuti berbagai instansi.

Di perbankan misalnya, sesuai edaran dari BI, bank di Malang meliburkan layanan operasional salah satunya adalah Bank Bukopin dan BCA. Ratna Haryanti, karyawan Bank Bukopin Malang, mengatakan, khusus di 9 Desember, seluruh layanan perbankan baik di kantor cabang maupun cabang pembantu diliburkan.

“Libur total karena memang libur nasional. Ada edaran BI merujuk pada SK anggota dewan komisioner OJK dan administrative message dari BI,” urai Ratna.

Meskipun ditetapkan sebagai hari libur nasional, namun beberapa perusahaan tetap beroperasi seperti biasa. Mall misalnya, libur hanya berlaku untuk staff kantor, sedangkan untuk area store diberlakukan jam operasional sebagian.

“Untuk hari Rabu, kantor tutup total. Libur berlaku untuk karyawan yang berdomisili di kota maupun kabupaten,” kata Manager Operasional Matos, Suwanto.

Wanto melanjutkan, jam kerja pendek berlaku untuk karyawan shifting seperti engineering, customer sevice, satpam, claning service dan parkir. Mereka akan mengikuti jam operasional Matos yang mulai dibuka pada 12.00 WIB.

“Kalau hari biasa kan buka pukul 9.30. Khusus Rabu, buka lebih siang untuk memberi kesempatan bagi karyawan shift pagi mempergunakan hak pilihnya,” ucap Wanto.