Coban Jahe, Tak Sekadar Air Terjun…

0
42
Alami: aliran Coban Jahe berasal dari mata air yang berada di kakan Gunung Semeru. Lokasinya relatif dekat dari pusat Kota Malang.(shuvia rahma)

MALANGVOICE – Malang memiliki segudang pesona alam yang layak dijadikan destinasi wisata. Mulai dari pantai, gunung, sumber mata air, hingga air terjun. Jika menginginkan alternatif wisata alam yang tak jauh dari pusat kota, Coban Jahe bisa menjadi salah satu destinasi yang masuk dalam bucket list liburan Anda.

Coban Jahe merupakan air terjun yang berada di Dusun Begawan, Desa Pandansari Lor, Kecamatan Jabung. Jarak dari kota hanya sekitar 23 km arah tenggara dari Kota Malang, jika ditempuh dengan kendaraan bermotor, hanya membutuhkan waktu sekitar 45 menit.

Coban Jahe berada di dalam pengelolaan Perhutani. Tak hanya menawarkan panorama alam yang menyegarkan mata, air terjun dengan ketinggian sekitar 45 meter ini juga menyimpan cerita sejarah pejuang bangsa.

Gazebo dibangun di antara taman bunga, cocok sebagai tempat untuk melepas penat.(shuvia rahma)
Gazebo dibangun di antara taman bunga, cocok sebagai tempat untuk melepas penat.(shuvia rahma)

“Dulu, pernah ada penyerangan Belanda terhadap sekelompok pejuang. Puluhan pejuang kemerdekaan gugur. Warga kemudian membuatkan taman makam pahlawan yang sekarang bisa ditemui di jalan masuk sebelum Coban Jahe,” terang Ketua Ikatan Pemuda Pecinta Alam Begawan Abiyasa (IPPSA), Ahmadun Bashori.

Bapak satu anak itu menjelaskan, pengunjung Coban Jahe tak hanya dari dalam kota, namun juga luar daerah seperti Surabaya, Pasuruan, hingga Jakarta.

Jumlah pengunjung terus meningkat sebab pengelola secara berkala menambah fasilitas bagi wisatawan, mulai dari taman bunga, gazebo, mushola, tempat parkir, toilet, hingga warung makan. Hingga saat ini, harga tiket yang berlaku sebesar Rp 5000 per orang.

“Selain pengunjung biasa yang datang untuk menikmati air terjun, ada juga pengunjung yang datang untuk menginap. Rata-rata di weekend. Jumlahnya cukup banyak karena memang di sini sudah tersedia camping ground yang cukup luas,” tutur Bashori.