Coban Jahe Nikmati Berkah Erupsi Bromo

0
137

MALANGVOICE – Aktivitas Gunung Bromo yang meningkat membuat wisatawan dilarang untuk mendekati kawah gunung yang dikelilingi lautan pasir tersebut. Berkurangnya destinasi di Bromo membuat sejumlah tour and travel mencari destinasi pengganti.

Salah satu objek wisata yang merasakan berkah erupsi Bromo adalah Coban Jahe. Semenjak Kawah Bromo terlarang untuk wisatawan, angka kunjungan di Coban Jahe mengalami peningkatan cukup signifikan.

“Setiap hari ramai. Kalau untuk saat ini ada sekitar 1000 pengunjung per hari,” kata salah satu pengelola Coban Jahe Ahmadul Basori.

Ia menjelaskan, banyaknya tamu Bromo terlihat dari mobil-mobil agen perjalanan jenis hardtop singgah ke kawasan wisata milik Perhutani tersebut dengan membawa tamu yang baru turun dari Bromo.

“Biasanya mulai datang sekitar pukul 9.00 WIB. Mereka mengalihkan wisata ke Coban Jahe karena trip Bromo hanya sampai di Penanjakan saja,” urai Basori.

Daniel, salah satu wisatawan dari Jakarta menceritakan, pihak travel yang disewanya memberitahukan bahwa kawah Bromo ditutup untuk wisatawan. Sebagai kompensasinya, ia dan wisatawan lain akan diajak ke objek wisata pengganti.

“Ini pertama kalinya saya ke Coban Jahe. Cukup bagus juga. Masih alami. Hanya jalannya sedikit susah, tetapi saya pikir kondisi seperti itu bagus, jadi lebih terasa alaminya,” kata Daniel.