Curahan Rasa Kangen yang Tak Tuntas

Christabel Annora Rilis Video Musik ‘Rindu Itu Keras Kepala’

0
463

MALANGVOICE – Pianist merangkap singer/songwriter asal kota Malang, Christabel Annora, akhirnya resmi merilis video musik “Rindu Itu Keras Kepala” pada tanggal 20 Desember 2016. Lagu ini merupakan singel kedua dari debut albumnya, Talking Days, yang dirilis oleh label rekaman Barongsai Records sejak bulan Mei 2016 yang lalu.

“Itu seperti sisi lain dari (album) Talking Days. Coba menggambarkan perasaan yang sangat manusiawi, diwakili dengan mengeluhkan rasa kangen,” ujar Christabel Annora tentang alasannya memilih lagu “Rindu Itu Keras Kepala” menjadi singelnya saat ini.

Musik dasar untuk lagu “Rindu Itu Keras Kepala” digarap sendiri oleh Christabel Annora, sementara untuk bagian gitarnya diisi oleh musisi folk terdepan asal Malang, Iksan Skuter. Yang menarik adalah lirik tembang ini diambil dari puisi karya sahabatnya sendiri, Nadia Agustina.

“Lagu ini penting dan sangat personal ketika saya bikin dulu. Pas itu Nadia Agustina memang suka mengirimkan puisi-puisinya kepada saya…” kata Christabel Annora. “Semua karyanya bagus-bagus sekali, tapi puisi tentang rindu ini yang paling kena ke saya. Rasanya kok pas, karena saya juga sedang mengalami hal yang sama persis seperti yang ditulis Nadia dalam puisinya itu. Lalu, tidak lama kemudian… Jreeeng, jadilah lagu ini.”

Selepas merilis singel pertama “Sunshine Talks” dan album Talking Days, aktivitas bermusik Christabel Annora tampak sibuk selama setahun belakangan ini. Selain jadwal show-nya sendiri yang mulai padat, ia juga masih kerap membantu sesi panggung unit folk terkemuka, Payung Teduh, serta tiba-tiba diajak tampil bareng salah satu band terbesar di Indonesia, Slank.

Perempuan yang berprofesi sebagai pengajar di sekolah musik itu juga melibatkan lagu kover “Desember” untuk proyek kompilasi Tribute To Efek Rumah Kaca yang dirilis Ripstore Asia tepat pada perhelatan Netlabel Day 2016. Sementara, tembangnya yang bertajuk “Satu” terpilih masuk dalam album kompilasi Malang’s Cassette Store Day 2016.

Video musik “Rindu Itu Keras Kepala” ini digarap oleh Prialangga, selaku sutradara merangkap Director of Photography (DOP). Sedangkan proses editing-nya dikerjakan oleh M.Y. Fahmi. Selain terdapat sosok Christabel Annora, dalam video tersebut juga menampilkan Titi Savitri dan Aswin Wiyatmoko sebagai cast atau model utama.

Menurut informasi dari sang sutradara, konsep video ini muncul setelah ia mengamati sendiri orang-orang yang ada di lingkungan terdekatnya tentang bagaimana perilaku mereka dalam mengelola dan mengatasi rasa rindu.

“Alurnya saya coba gambarkan melalui beberapa karakter tokoh. Soal bagaimana setiap karakter itu mencari, menunggu, sampai kemudian pasrah akan kerinduannya masing-masing. Namun video ini tetap membebaskan siapa pun juga untuk mendeskripsikan ceritanya menurut persepsi mereka sendiri,” tutur Prialangga tentang gambaran umum video garapannya.

“Eksekusinya sendiri tidak terlalu sulit kok. Karena memang dibikin santai dan mengalir…” imbuh pria asal Malang yang juga berprofesi sebagai fotografer dan videografer tersebut. Proses syuting video ini memakan waktu sekitar satu minggu pada bulan Oktober 2016, serta mengambil lokasi di empat kota; Jogjakarta, Semarang, Surabaya dan Malang.

“Menyenangkan sekali. Kebetulan semuanya juga sahabat saya. Jadi enak dalam koordinasi dan proses menuangkan ide-idenya,” ucap Christabel Annora menuturkan pengalamannya ketika bekerja sama dengan tim produksi video “Rindu Itu Keras Kepala”.

Beberapa hari menjelang dirilisnya video musik “Rindu Itu Keras Kepala” ini, Christabel Annora sempat berujar singkat, “Kadang soal rindu itu memang susah dipahami. Masing-masing orang kayaknya punya cara-cara tersendiri dalam mengungkapkan rasa rindunya…”

Video musik “Rindu Itu Keras Kepala” bisa ditonton melalui tautan berikut;

Credit Notes

“Rindu Itu Keras Kepala” (Official Video Music)
Director / DOP ; Prialangga
Editor ; M.Y. Fahmi
Styilsh ; Titi Savitri
Cast ; Christabel Annora, Titi Savitri, Aswin Wiyatmoko.

Music by Christabel Annora
Guitar by Iksan Skuter
Lyrics by Nadia Agustina
Taken from the album Talking Days (Barongsai Records, 2016)