Chem-E-Car UB Siap Bersaing di Kompetisi Internasional

0
16
Bambang (anja)

MALANGVOICE – Program Studi Teknik Kimia Fakultas Teknik (FT) Universitas Brawijaya(UB) siap memberangkatkan 4 tim mesin prototype mobil bertenaga kimia untuk kompetisi tingkat Internasional.

Teknologi mesin mobil yang dinamai Chemical Engineering Car (Chem-E-Car) terdiri dari 4 prototype yaitu Crionyc 3, Exotric VI, Exotric E-Cooler, dan Bharatawijaya.

Dosen pembimbing sekaligus Ketua Prodi PSTK FT-UB, Ir Bambang Poerwadi MS, menjelaskan, keempat prototype itu layak dilombakan setelah menjalani serangkaian tes dan simulasi. Simulasi terakhir dilakukan kemarin di GOR Pertamina UB.

“Teknologi ini sengaja kita persiapkan untuk mengikuti kompetisi se-Asia yaitu 11th National Chem E Car Competition pada 8-9 April 2016 di Universitas Teknologi Malaysia (UTM),” paparnya, saat dihubungi MVoice.

Melihat kesiapan timnya, Bambang yakin tahun ini bisa membawa piala kemenangan lagi.

“Wah ya tentu kita berharap dapat juara 1. Kita optimis kok bisa menang lagi. Tahun kemarin dapat juara 1, mbak,” katanya.

Ia menambahkan, bukan sekedar memenangkan kompetisi yang menjadi alasan menciptakan Chem-E-Car tapi lebih ke bagaimana memanfaatkan reaksi kimia sebagai alternatif energi.

“Karena mau gak mau, energi yang kita gunakan sekarang bakal habis. Nah kita mau pakai energi dari mana kalau kita tidak menciptakan dan memanfaatkan energi alternatif,” tuturnya.