Cegah Narkoba Masuk Sekolah, MTsN 1 Bentuk Satgas Anti Narkoba

0
65
Pariati SPsi

MALANGVOICE – Sejak terpilih sebagai juara umum lomba UKS se-Jawa Timur, 2005 lalu, MTsN 1 Malang selalu berupaya untuk membentengi lingkungan sekolah dari peredaran narkoba. Salah satunya membentuk satuan tugas (satgas) dan organisasi mahasiswa anti narkoba.

“Kami membentuk beberapa kelompok organisasi siswa anti narkoba yaitu SMART Group atau Smart Muslim Active Realistic Teenager dan duta lingkungan Semanggi Bersemi yang bersemangat tinggi bersama selamatkan bumi,” kata Pariati SPsi, guru MTsN 1 Malang, beberapa menit lalu.

Ia juga menambahkan, sejak dua tahun lalu, MTsN Malang mempunyai Satuan Petugas Anti Narkoba, UNIQE GAN beranggotakan 60 anak.

Tentu saja satgas ini sangat diapresiasi oleh Kepala Sekolah MTsN, Syamsudin. Menurutnya, meski tidak ada indikasi narkoba di MTsN 1, bukan berarti sekolah lengah karena peredaran narkoba sangat cepat dan luas.

“Narkoba ini bahaya, makanya satgas ini tugasnya mensosialisasikan bahaya dan jenis-jenis narkoba ke teman-temannya. Mereka juga harus menanamkan sifat kewaspadaan bila ada orang asing yang memberi makanan, minuman, permen berindikasi narkoba. Mereka juga aktif melaporkan ke pihak sekolah, ” kata Syamsudin kepada MVoice.