Cegah Kekeringan, Perhutani Buat Sumur Resapan di Coban Rais

0
14
Sumur resapan yang dibangun di Coban Rais. (istimewa)

MALANGVOICE – Perum Perhutani membangun sumur resapan di Coban Rais, Desa Oro-oro Ombo, Kecamatan Batu, kerjasama dengan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Greend Land.

Kepala Resort Pemangku Hutan (KRPH) Oro-Oro Ombo, Bambang Hariyanto, mengatakan, pembangunan sumur resapan ini kali pertama dilakukan mengantisipasi kekurangan air bersih warga.

“Manfaat sumur resapan ini dapat menambah jumlah volume air dalam tanah. Termasuk mengurangi aliran di atas permukaan tanah sehingga mencegah longsor dan banjir,” ungkap Bambang.

Dikatakan, jika sumur resapan banyak dibuat, risiko kekeringan saat kemarau serta bencana alam akan menyusut. Sedimentasi air akan berkurang, serta resapan air yang muncul di sumber akan jernih.

“Kami juga mengajak dinas lain untuk bekerja sama, seperti Dinas Pertanian dan Kehutanan agar membuat sumur resapan di hutan. Sehingga kekurangan air pertanian saat kemarau tidak terjadi,” imbuh Bambang.

Ia merencanakan akan memperbanyak pembuatan sumur resapan di Coban Rais. Tentunya dengan mengajak dinas atau instansi terkait, pihak swasta, maupun lembaga swadaya masyarakat.-