Cedera Pulih, Yuswinda Latihan Intensif Atasi Trauma

0
32
Karateka Kota Malang, Yuswinda Eka Puspitasari.

MALANGVOICE – Karateka andalan Kota Malang, Yuswinda Eka Puspitasari, yang masuk tim karate Jawa Timur (Jatim) terus berlatih intensif. Setelah pulih dari cedera, saat ini dia fokus mengatasi trauma, untuk turun dalam PON XIX di Jawa Barat, 17-28 September 2016 ini.

“Trauma pasti ada. Semua atlet kalau habis cedera pasti trauma. Untuk mengatasinya, saya terus latihan agar kesulitan-kesulitan gerak jadi normal,” tambahnya.

Baca juga: Jelang PON, Yuswinda Fokus Pemulihan Cedera

Dara kelahiran Malang, 11 Desember 1991 ini mendapat cedera pada 9 Maret 2016 lalu ketika menjalani Pelatnas, dan harus operasi lutut pada 21 Maret 2016 lalu. Sebenarnya, dia harus menjalani masa pemulihan selama sembilan bulan.

Kendati demikian, waktu untuk pemulihan tidak cukup karena ia harus turun pada ajang PON. “Baru istirahat lima bulan sudah harus main, saya akan berusaha maksimal,” ungkap alumnus SMPN 1 Bululawang dan SMAN 2 Malang itu.

Ia mengakui, beberapa gerakan yang terbatas sudah mulai disiasati. Dalam beberapa kesempatan, dia mulai berani melawan rasa takut menunjukkan skill seperti tangkisan atau tendangan.

Ia berharap, tidak ada kendala lebih lanjut untuk menyongsong PON, mengingat waktu pelaksanaan yang tinggal menghitung hari. Berbekal pengalamannya yang pernah memperkuat Indonesia di ajang Sea Games dan Asian Games, dia masih menyimpan keinginan menyabet medali.

“Untuk PON ini memang belum pernah uji tanding sama sekali. Tapi yang jelas saya masih ingin dapat medali,” pungkas alumnus Universitas Negeri Surabaya (Unesa) itu.