Cansabalas Adventure Bentangkan 1000 Meter Bendera Merah Putih di Gunung Panderman

0
106
Kapolres Batu, AKBP Leonardus Simarmata menyerahkan secara simbolis bendera ke Cansabalas Adventure.(Miski)
Kapolres Batu, AKBP Leonardus Simarmata menyerahkan secara simbolis bendera ke Cansabalas Adventure.(Miski)

MALANGVOICE-Cansabalas Adventure Team Independent Community membentangkan bendera merah putih, di Gunung Panderman, Kota Batu, mulai Selasa-Kamis (16-18/8).

Salah satu pendiri Cansabalas, Nur Salam, mengatakan, pembentangan bendera memperingati HUT RI dengan ukuran 25×40 meter tersebut sudah keenam kalinya. Tahun 2011 dan 2012 di Gunung Arjuno, 2013 sampai 2016 di Gunung Panderman.

Sedangkan untuk sumpah pemuda telah berlangsung lima kali, dimulai pada 2011dan 2012 di Gunung Arjuno, 2013 di Gunung Merapi, Jateng, dan 2014 dan 2015 di Gunung Panderman.

Menurut dia, mereka akan mengarak bendera tersebut bersama 200 orang dari Alun-alun Batu ke Gunung Panderman.

“Kami bentangkan di ketinggian 1800 mdpl atau kami sebut ground kemerdekaan. Ketinggian Panderman kan 2000 mdpl. Semoga lancar dan selamat selama kegiatan,” katanya, di sela-sela pemberangkatan di Alun-alun Kota Batu, Selasa (16/8/2016).

Pihaknya menggandeng komunitas lain seperti BNT, FOB, dan siswa sekolah.”Setidaknya kami bisa merasakan perjuangan membawa nama merah putih, meski perjuangan kami tidak seberapa dibanding pejuang dulu,” ungkapnya.

Dipilihnya Gunung Panderman tidak lain karena sebagai kota sendiri dan mengingatkan bagi pemuda Kota Batu akan nasionalisme dan cinta tanah air.

“Pemuda Kota Batu masih memiliki jiwa nasionalisme. Ini akan rutin kami lakukan setiap 17 Agustus dan Sumpah Pemuda,” jelasnya.

Kapolres Batu, AKBP Leonardus Simarmata, mengungkapkan selama misi pembentangan bendera, ia berpesan supaya menjaga kondisi dan jangan sampai meninggalkan sampah.

Kegiatan ini, tambah dia, bentuk kecintaan generasi muda bahwa NKRI harga mati serta merupakan kegiatan positif.

“Semoga lancar dan jaga kondisi selama perjalanan. Sukses selalu buat teman-teman,” pungkasnya.