Calon Jemaah Haji Tes Kesehatan di RSI Unisma

0
75
Tes Kesehatan (anja)
Tes Kesehatan (anja)

MALANGVOICE – Hari ini, sejumlah calon jemaah haji (CJH) Kota Malang 2016 mengikuti tes kesehatan di Rumah Sakit Islam Unisma Malang.

Ketua Pelaksana dan Staf Satuan Pemeriksa Internal Rumah Sakit Islam Unisma, Indah Sriwidiyawati, mengatakan, tes yang dilakukan hari ini merupakan tes tahap kedua, setelah sebelumnya calon jamaah memeriksakan kesahatannya di puskesmas.

Indah saat ditemui MVoice (anja)
Indah saat ditemui MVoice (anja)

Tes ini dilaksanakan pada 14-22 Juli dan wajib diikuti 809 calon jemaah haji terdaftar yang terbagi menjadi jemaah lansia (usia 50 tahun ke atas) dan resti (di bawah 50 tahun).

“Kalau tes di Puskesmas berupa pemeriksaan kondisi fisik, tes kebugaran, dan pembinaan bagi yang memiliki riwayat penyakit dan risiko tinggi,” paparnya kepada MVoice, beberapa menit lalu.

Dari hasil tes kesehatan tahap 1, jika calon haji memiliki riwayat penyakit atau risiko tinggi, bisa mendapat pendampingan dan pembinaan dari dokter spesialis di tes tahap 2, agar nantinya bisa sehat pas ibadah haji ujarnya.

“Kita sarankan juga untuk perbaikan pola makan, lalu kontrol obat-obatan terutama untuk penyakit kronis semacam hipertensi, diabetes dan jantung,” katanya.