Bukit 30 Meter Longsor, Jalan ke Keraton Gunung Kawi Lumpuh

0
157
Situasi longsor di Dusun Gendogo, Kecamatan Ngajum (istimewa)

MALANGVOICE – Selain beberapa longsor di Kota Batu, bencana alam ini juga terjadi di Kabupaten Malang, tepatnya di Dusun Gendogo, Desa Balesari, Kecamatan Ngajum. Bukit setinggi 30 meter longsor dengan lebar menganga mencapai 20 meter.

Longsor ini juga diprediksi gara-gara hujan dua hari yang mengguyur lokasi sekitar. Akibat longsor ini, jalan sepanjang 1 Km menuju wisata spiritual Keraton Gunung Kawi tidak dapat dilalui.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, Hafi Lutfi, mengatakan, pihaknya sudah mengirimkan tim reaksi cepat ke lokasi bencana guna bersama-sama warga menyingkirkan material dari jalan raya.

“Kami juga kirimkan dua tangki air untuk membersihkan jalan dari material tanah yang keluar dari longsoran bukit. Akses jalan harus segera bisa dibersihkan, karena itu kepentingan warga,” sambungnya.

SAR Awangga bersama 20 warga setempat sejak siang juga turut membantu pembersihan material dari jalan. Diperkirakan, sore ini jalan sudah normal dan dapat dilewati kendaraan.

“Warga di mana saja kami harap waspada karena intensitas hujan masih tinggi,” tandasnya.