Buka Jendela untuk Papua: Aksi Donasi Buku untuk Pendidikan di Papua

0
52

MALANGVOICE – Sebagai wujud kepedulian terhadap pemerataan pendidikan di Indonesia, Buku Untuk Papua (BUP) bekerjasama dengan Daun PR (praktikan PR 2 Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang) menyelenggarakan kegiatan donasi buku dengan tema ‘Book Do Nation’.

Even ini, seperti ditulis pada rilis yang dikirim ke Redaksi MVoice, beberapa menit lalu, merupakan wujud kepedulian terhadap pendidikan di Indonesia, khususnya Papua, yang kesulitan mendapatkan suplaI buku.

Novi, selaku volunteer BUP chapter Malang, mengungkapkan, kegiatan donasi yang diadakan pada 29 Mei itu untuk memperkenalkan komunitas BUP chapter Malang sebagai wadah bagi masyarakat Malang untuk menyumbangkan buku-buku untuk anak-anak di Papua.

PapuaEven yang diadakan di Taman Slamet, Malang, itu berhasil menggumpulkan sekitar 450 buku masih layak pakai. “Buku-buku ini nantinya akan dikirimkan langsung ke beberapa taman baca yang telah bekerjasama dengan komunitas BUP,” lanjutnya.

Even juga dimeriahkan penampilan tari khas Papua oleh Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Papua (Ipmapa) di Malang Raya, free face painting dan juga bagi-bagi Papeda, makanan khas Papua.

Anandya Baiq Rizki Prakarti, Ketua Panitia Book Do Nation, menyampaikan, kegiatan donasi yang diinisiatif Daun PR ini diharapkan mampu bermanfaat bagi masyarakat Malang dan Papua.

“Sebagai generasi muda, kita harus bersatu melakukan aksi nyata demi peningkatan pendidikan di Indonesia. Harapannya, melalui even ini dapat mengajak masyarakat Malang, khususnya pelajar, untuk menyadari akan pentingnya berbagi salah satunya berbagi tentang pengetahuan melalui donasi buku,” harapnya.

Berdasarkan hasil riset yang telah dilakukan Daun PR, ada daerah-daerah yang masyarakatnya masih buta huruf. Dan 80% adalah masyarakat yang berada di Papua.

“Anak-anak di Papua bersekolah, tetapi mereka kekurangan buku bacaan untuk menambah wawasan mereka. Buku-buku yang terkumpul nantinya akan dikirim ke Papua untuk membantu mereka membuka jendela dunia,” tambahnya.

Selain diikuti siswa-siswi dan mahasiswa di Malang, even ini juga dihadiri Kangmas dan Nimas Kota Batu, mahasiswa dari Tulung Agung, mahasiswa Jember dan beberapa komunitas pemuda Malang. Mereka juga turut menggalakkan aksi dukungan terhadap event Book Do Nation dengan tanda tangan di ‘Kain Support’.

“Saya sangat apresisasi dengan acara ini. Kita buktikan di sini kita bisa bersama-sama membantu seluruh anak-anak di Indonesia, khususnya Papua, dalam bidang akademik,” ungkap Yesa, salah satu Mahasiswa Universitas Negeri Malang yang menghadiri acara.