Buka Cakrawala Warga, Bakesbangpol Gelar Dialog Budaya

0
86
Dialog Kebudayaan Bakesbangpol Kota Malang
Dialog Kebudayaan Bakesbangpol Kota Malang

MALANGVOICE – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Malang, malam ini, menggelar Dialog Kebudayaan dengan narasumber sejarawan Agus Sunyoto.

Dalam kesempatan ini, Agus membeberkan jika jauh sebelum ada peradaban di Yunani, masyarakat Nusantara sudah memiliki kebudayaan yang maju, bahkan hingga ke pelosok dunia.

Ia menegaskan, bahkan dalam beberapa catatan sejarah, ditunjukkan bahwa manusia Nusantara sangat menguasai perairan dunia dan bahkan mampu menembus kawasan Madagaskar.

“Kalau kita buka sejarah Kamboja, maka kita ketahui ada raja dari Nusantara. idak hanya itu di Madagaskar bahasanya mirip dengan bahasa Jawa,” kata Agus Sunyoto.

Manusia Nusantara, lanjut Agus, sangat maju dalam berbagai bidang, bahkan dalam bidang kesusastraan. Tak hanya itu dengan beberapa bukti, Agus menyebut bahwa kisah Ramayana yang tenar dari India, tak lepas dari campur tangan orang dari Nusantara.

“Pengetahuan sejarah ini penting, karena nenek moyang kita ternyata adalah orang-orang yang hebat,” tukasnya.

Selain itu berbicara dalam acara dialog yang juga diikuti para petugas Bakesbangpol ini juga menghadirkan satu narasumber yang ahli dalam hypnotherapy dengan maksud memberi pemahaman dan penjelasan cara jitu menghadapi gendam, yang selama ini merugikan masyarakat.

Kepala Bakesbangpol, Sugiharto, mengatakan, tujuan diselenggarakannya acara ini sebagai pembelajaran kepada masyarakat terhadap budaya di Indonesia. “Acara dialog ini penting karena bisa membuka cakrawala masyarakat Kota Malang,” kata Sugiharto.