Bromo Siaga, Banyak Travel Alihkan Wisata ke Pantai

0
24
Slamet, Pengusaha travel (fathul)

MALANGVOICE – Sebagai salah satu destinasi wisata terbaik di Jawa Timur, aktivitas vulkanik Gunung Bromo saat ini membuat takut wisatawan, apalagi akses menuju gunung yang mengeluarkan asap belerang ini juga banyak yang ditutup.

Karena itu, banyak agen perjalanan akhirnya membatalkan kunjungan ke Bromo, dan menyediakan alternatif lain ke wisatawan. Dari menikmati wisata Kota Batu, Pantai Selatan di Kabupaten Malang, hingga luar daerah seperti Lumajang dan Banyuwangi.

“Paling banyak, wisatawan sendiri yang akhirnya meminta dialihkan ke pantai-pantai yang ada di Malang Selatan. Karena wisatawan tidak mau repot kalau harus mengunjungi Bromo yang sedang aktif,” jelas owner D’Ryan Travel, Slamet.

Beberapa pantai yang menjadi tujuan wisatawan ini, diantaranya adalah Pantai Lenggoksono, Pantai Kondangmerak, Pantai Sipelot, Pantai Selaran, Goda Cina, dan Pantai Balekambang. Sementara di Lumajang ada air terjun, dan di Banyuwangi ada blue fire.

“Tapi masih banyak yang memaksa ke Bromo meskipun sedang siaga kok. Jadinya jarak jauh, mereka pengen tahu gemuruhnya Bromo pas aktif gimana, lihat kepulasan asapnya, terus foto-foto dari jauh,” sambung Slamet.

Pihaknya sendiri tetap menganjurkan agar memilih wisata yang aman dan minim risiko. Menurut Slamet, inti wisata adalah bersenang-senang. Jika ada yang hobi menantang risiko, lanjutnya, dia juga siap mengantarkan ke Bromo.

“Tentunya ada beberapa persyaratan tambahan, baik soal savety ataupun biaya,” tandasnya.