Bromo Batuk, Travel Agent Alihkan Destinasi

0
46
Erupsi Gunung Bromo. (istimewa)

MALANGVOICE – Peningkatan aktivitas Gunung Bromo membuat agen perjalanan mengalihkan destinasi wisata. Wisatawan sendiri, sebagian memilih untuk mengalihkan tujuan, sebagian memilih untuk membatalkan perjalanan.

Pemilik Arwana Tour and Travel, Roy Aldilla mengatakan, Bromo menjadi destinasi favorit di akhir tahun. Sayangnya, ada beberapa trip di akhir tahun yang terpaksa dibatalkan karena gunung tersebut sedang ‘batuk’.

“Ada tiga trip yang dibatalkan. Di minggu ini dan di akhir tahun. Masing-masing terdiri dari 10 peserta. Ketimbang resiko, kami memberi opsi dibatalkan atau dialihkan,” ucap Roy.

Ia melanjutkan, pengalihan destinasi biasanya di arahkan ke kawasan Kota Batu dan sekitarnya. Langkah pengalihan juga dilakukan oleh Ciliwung Camp yang mengalihkan destinasi wisata dari gunung ke pantai.

“Memang ada penurunan karena Kawah Bromo tutup. Tetapi karena Malang punya banyak destinasi baru, jadi kami sarankan ke wisatawan untuk memilih destinasi alternatif, mulai dari air terjun hingga pantai,” kata Pemilik Ciliwungcamp, Andrea Angga Yanuar Putra.