BPOM RI Tawarkan Bangun Clearing House di Batu

0
21
Kepala BPOM RI, Roy Sparringa saat membahas kerja sama dengan Wali Kota Batu Eddy Rumpoko (fathul)
Kepala BPOM RI, Roy Sparringa saat membahas kerja sama dengan Wali Kota Batu Eddy Rumpoko (fathul)

MALANGVOICE – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI berkunjung ke Kota Batu untuk evaluasi kerja kedeputian. Saat bertemu Wali Kota Eddy Rumpoko, BPOM kemudian menawarkan untuk dibangunkan Food Safety Clearing House.

Menurut Kepala BPOM, Roy Sparringa, clearing house ini memiliki banyak fungsi. Seperti memudahkan akses permodalan, teknologi proses, manajemen usaha, dan pemasaran dengan akses nasional sampai internasional.

“Beberapa hal yang masih harus terus dibenahi di daerah adalah beban regulasi dan administrasi kepada usaha kecil dan menengah. Agar mereka dalam usahanya dapat berkembang cepat,” ungkap Roy kepada wartawan.

Lebih jauh, clearing house tersebut akan membantu para pemilik usaha kecil untuk melihat keamanan produknya dari barang berbahaya. Karena di sana tersedia juga laboratorium makanan yang bisa mengetahui kandungan bahan-bahan makanan.

“Kesulitan usaha kecil biasanya juga ada di higienitas dan sanitasi produk. Itu bisa kita dampingi agar bisa mencapainya. Termasuk persoalan memasukkan pangan tambahan sampai sertifikasi halal,” tandasnya.

Sementara itu, Wali Kota Batu Eddy Rumpoko, belum bisa dimintai pendapat terkait clearing house itu. Karena usai kegiatan, ER, sapaan akrabnya , langsung meninggalkan lokasi saat hendak diwawancara.