BPBD Siapkan Rp 5 Miliar untuk Tanggulangi Bencana

0
93
pemberian bantuan oleh BPBD Kabupaten Malang
pemberian bantuan oleh BPBD Kabupaten Malang

MALANGVOICE – Tahun ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang siapkan Rp 5 miliar untuk penanganan bencana.

Dana tersebut dialokasikan untuk penanggulangan bencana sebanyak Rp 2,7 miliar.

Sisanya, Rp 2,3 miliar untuk anggaran pelatihan tanggap bencana. Sasarannya kepada masyarakat dan pelajar, serta digunakan untuk belanja pegawai.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Malang, Iriantoro mengatakan anggaran dana tersebut masih bisa bertambah jika ada peristiwa bencana besar yang memerlukan dana lebih.

“Dana masih bisa ditambahkan, dengan SK Bupati jika terjadi bencana besar dan memerlukan dana bersifat insidentil,” kata dia saat ditemui di ruangannya, Rabu (11/1).

Awal tahun ini, BPBD sudah mengeluarkan Rp 81,250 juta untuk penanggulangan bencana akibat angin putingting beliung di tiga kecamatan.

Meliputi Kecamatan Singosari, Pujon dan Ngantang. Kejadian ini terjadi pada 4, 5 dan 7 yang merusak 10 rumah dan menyebabkan 1 orang luka di Kecamatan Ngantang.

Saat ini pihak BPBD sedang gencar melakukan pelatihan relawan tanggap bencana.

Setidaknya sudah ada 1.120 relawan yang sudah terlatih tersebar di 33 kecamatan yang ada di Kabupaten Malang.

“Kami perbanyak pelatihan, karena bencana tidak bisa diprediksi kapan datang. Harapan kami mudah- mudahan tidak ada bencana,” pungkas Iriantoro.