BPBD Sarankan Wisatawan Beralih dari Bromo ke Pantai

0
57
Hafi Luthfi (fathul)

MALANGVOICE – Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, Hafi Luthfi, menganjurkan agar wisatawan tidak memaksakan keinginan mengunjungi Gunung Bromo dalam waktu dekat karena statusnya masih siaga.

Meskipun belum mencapai status membahayakan, namun antisipasi tetap harus digalakkan. Karena beberapa kali, tim BPBD di Gunung Bromo menemukan wisatawan yang dibawa oleh pengusaha travel lokal berada di sana untuk mengambil foto.

“Kalau dari wilayah Kabupaten Malang, jalur-jalur tikus menuju Bromo sudah kami tutup. Jalur dari Poncokusumu juga sudah kami tutup, termasuk dari Jarak Ijo,” kata Lutfi kepada MVoice.

Menurutnya, wisatawan memang menginginkan suasana Gunung Bromo yang berbeda sehingga nekat meskipun sudah banyak peringatan. Sehingga, setiap bertemu wisatawan di area Bromo, pihak BPBD selalu menyarankan agar turun.

“Pengusaha travel juga harus mengingatkan pelanggannya agar tidak memaksa ke Bromo. Karena kami menetapkan status Bromo kan tidak main-main, jangan sampai ada korban karena kelalaian sendiri. Kalau ke pantai-pantai kan lebih bagus,” pesan Lutfi.