BPBD Kab Malang Sebar Spanduk Siaga Bencana

0
157
Petugas BPBD saat memasang sambut peringatan
Petugas BPBD saat memasang sambut peringatan (fathul)

MALANGVOICE – Bencana alam di Kabupaten Malang akhir-akhir ini meningkat. Karena itu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mulai memasang spanduk di titik rawan bencana pada tujuh kecamatan.

Tujuh kecamatan ini adalah Poncokusumo, Sumbermanjing Wetan, Pujon, Ngantang, Kasembon, dan Kromengan. Kepala BPBD, Hafi Luthfi, berharap spanduk itu bisa mengingatkan warga agar berhati-hati.

Selain itu, pihaknya juga sudah meminta ke penjabat Bupati Malang, Hadi Prasetyo, supaya mengirimkan surat edaran kesiagaan bencana ke masing-masing kecamatan.

“Ini antisipasi saja, meskipun dirasa kecil hanya dengan spanduk, tapi itu adalah bagian dari usaha. Kami harap spanduk bisa mengingatkan warga agar waspada, karena kami pasang di titik rawan,” tambahnya.

Beberapa kali, spanduk yang dipasang BPBD dirusak orang tak dikenal. Lutfi menyayangkan perbuatan itu, padahal spanduk peringatan itu penting. Meskipun begitu, spanduk baru sudah disiapkan mengganti yang rusak atau hilang.

“Saat ini, intensitas hujan tinggi. Tiap hari hujan, selain longsor, Kabupaten Malang juga rawan banjir. Kami sudah koordinasi antar SKPD supaya ikut mengawasi, misalnya lancarnya selokan, dan alat berat dari Bina Marga,” tandasnya.