BPBD Jatim Apresiasi Tim Tangguh Bencana Kelurahan Sisir-Batu

0
87
Pemaparan yang dilakukan Kepala BPBD Jatim, Sudarmawan, di Kelurahan Sisir (fathul)
Pemaparan yang dilakukan Kepala BPBD Jatim, Sudarmawan, di Kelurahan Sisir (fathul)

MALANGVOICE – Kota Batu mengikutkan Kelurahan Sisir dalam penilaian Desa/Kelurahan Tangguh Bencana tingkat Jawa Tiimur yang diadakan Badan Penanggangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi.

Dalam penilaian, Kepala Pelaksana BPBD Jatim, Sudarmawan, langsung mendatangi Kelurahan Sisir. Saat Lurah Dian Fachroni pemaparan, Sudarmawan tampak tertarik dan mengapresiasi positif apa yang telah dilakukan tim tangguh bencana.

“Awalnya saya berangkat dari Surabaya biasa-biasa saja, karena belum ada gambatan. Setelah melihat paparannya tadi, ternyata Kelurahan Sisir sudah siap dan telah melaksanakan progres yang bagus,” ungkapnya kepada wartawan, di Kantor Kelurahan Sisir, beberapa menit lalu.

Bahkan ia menilai Sisir sudah tidak pantas diklasifikasikan dalam Lomba Desa Tangguh Bencana Tingkat Pratama, tetapi sudah pantas diikutkan dalam klasifikasi Madya.

“Ya saya berpandangan sudah bisa ikut Madya. Bagaimana seorang lurah di sini sudah berwawasa global, mengorganisasikan tim tangguh bencana dengan baik, bahkan membuat kegiatan Sungai Brantas dalam tingkat regional,” jelasnya.

Ditambahkan, dalan penilaian desa tangguh, akan ada 20 indikator yang dinilai tim juri. Untuk tingkat pratama penilaiannya baru 9 indikator yang ditekankan pada administrasi, sedangkan Madya dan Utama sudah pelaksanaannya di lapangan.

“Kalau administrasi saya kira di sini beres, seperti sudah adanya SK Kelurahan untuk tim tangguh. Bahkan sudah masuk ke simulasi dan ada dalam RAPBdes dan rencana koordinasi yang jelas,” tandasnya.