Boleh Saja Main Pokemon Go, Asal…

0
24
Jangan main Pokemon Go saat berkendara (istimewa)

MALANGVOICE – Game Pokemon Go yang baru dirilis beberapa minggu lalu di Amerika, ternyata memberi dampak sangat besar di Malang Raya ini. Masyarakat dari berbagai usia dan latar belakang pekerjaan pun tak ingin melewatkan keseruan berburu Pokemon di beberapa spot di Malang.

Dari pantauan MVoice di lapangan, sudah banyak pencari Pokemon di kawasan Kota Malang ini.

Meski begitu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, tertutama terkait keamanan dan keselamatan. Seorang Psikolog, Ratna Indriani MPsi pun memberikan beberapa saran yang harus diperhatikan.

“Saya lihat fenomena demam Pokemon Go sedang melanda Malang, anak saya juga main game ini. Tapi ada hal-hal yang harus diperhatikan, terutama terkait keselamatan,” katanya, saat dihubungi MVoice, beberapa menit lalu.

Menurut dia, pencari Pokemon, terutama yang sedang berkendara, sebaiknya tidak melakukan aktivitas Pokemon, karena jalan raya sangat berbahaya, tidak hanya untuk diri sendiri, tapi juga pengguna lainnya.

Ia menambahkan, bagi pemain perempuan, hindari mencari karakter pokemon di tempat sepi dan gelap. Atau hindari bermain game di atas jam 7 malam.

“Hati-hati, ini bisa dimanfaatkan penjahat untuk mencari mangsa, apalagi gamer-nya kan membawa gadget bagus-bagus. Jadi tetap waspada,” pintanya.

Ia juga menyarankan agar pemain Pokemon Go bijaksana menggunakan gadget. Hindari bermain di lokasi peribadatan seperti masjid atau gereja, agar tidak menganggu orang lain.

“Main ya main, tapi yang bijak ya,” pintanya lagi.