BMKG: Liburan di Pantai, Waspadai Gelombang Tinggi!

0
97
Perahu nelayan sedang bersandar di pesisir Kondang Merak. (Shuvia Rahma)

MALANGVOICE – BMKG Karangploso mengimbau wisatawan agar berhati-hati saat liburan akhir tahun di wilayah pantai. Pasalnya gelombang laut berpotensi tinggi antara 1-3 meter.

“Saat berwisata, ada kecenderungan sedikit lemah terhadap keselamatan. Mengingat laut selatan ombak cukup besar dan tinggi, maka sebaiknya mengikuti himbauan dan larangan pengelola setempat seperti jangan mandi di laut,” kata Prakirawan BMKG Karangploso, Ahmad Lutfi.

Ia melanjutkan, tinggi gelombang tersebut sejatinya tidak terlalu berpengaruh terhadap wisatawan sepanjang turis tidak bermain terlampau ke perairan dalam. Justru, ombak tinggi tersebut akan berpengaruh pada nelayan yang hendak melaut.

“Setidaknya dalam seminggu ini, ombak cukup tinggi, sehingga biasanya membuat nelayan sebagian tidak melaut,” kata dia.

Lutfi menambahkan, cuaca secara keseluruhan di malam tahun baru nanti akan cerah. Sejauh ini tidak ada potensi kumpulan awan gelap (cumulonimbus) yang membuat hujan deras disertai petir.

“Belum terdeteksi adanya awan cumulonimbus. Kalaupun hujan kemungkinan besar di siang dan sore hari saja dan cerah di malam hari,” terang dia.