Block Office Batu Belum Dilengkapi Standar Keamanan Bencana

0
90
Suasana pelatihan pencegahan dan penanganan diri bencana di BO (fathul)
Suasana pelatihan pencegahan dan penanganan diri bencana di BO (fathul)

MALANGVOICE – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu bersama UPT Block Office dan Pemadam Kebakaran menggelar pelatihan pencegahan dan penanganan dini bencana di gedung Block Office (BO).

Pelaksanaan pelatihan ini dimaksudkan agar seluruh penghuni gedung senilai ratusan miliar ini bisa menyelamatkan diri saat terjadi bencana. Karena yang membahayakan saat bencana adalah ketidaksiapan.

“Memang di Block Office belum ada standar pengamanan gedung yang memadai, karena itu kita beri pelatihan dulu supaya tidak ada kerugian besar saat bencana,” ungkap Kepala BPBd Widodo, kepada MVoice, di sela-sela pelatihan.

Widodo menjelaskan, masing-masing satuan kerja perangkat daerah (SKPD) sudah mengirimkan perwakilannya. Sehingga semua warga BO memahami apa yang harus dilakukan saat ada bencana di gedung.

“Gedung besar dan bertingkat seperti ini berpotensi terjadi kebakaran dan gempa bumi. Memang kita doakan semoga tidak terjadi, namun tetap harus dipersiapkan,” imbuhnya.

Saat ini, pelatihan dilakukan petugas pemadam kebakaran Kota Batu. Mereka diajari bagaimana mengatasi kebakaran dan menyelamatkan diri dari kebakaran dalam gedung. Besok, lanjut Sasmito, pelatihan akan dilanjut dengan simulasi.